Duka James Cameron atas Kematian Jon Landau: Saya Kehilangan Sahabat


Jakarta, CNN Indonesia

Sutradara James Cameron berduka atas kematian produser Jon Landau yang meninggal dunia pada usia 63 tahun, Sabtu (6/7) waktu setempat.

James Cameron mengucapkan duka atas kepergian Jon Landau yang Sebelumnya bekerja sama dengan dirinya untuk Titanic (1997) dan waralaba Avatar. Ia memuji Landau sebagai sosok yang tegas sekaligus hangat selama puluhan tahun menjadi produser Layar Lebar.

“Keluarga Avatar berduka atas kepergian rekan dan pemimpin kami, Jon Landau. Humornya yang lucu, daya tarik, semangat Ekonomis hati, dan ketegasannya Akan segera menjadi pusat dunia Avatar kami selama dua dekade,” ujar Cameron, seperti diberitakan Variety pada Sabtu (6/7).


James Cameron Bahkan menghargai kemampuan Jon Landau sebagai seorang produser. Ia disebut tidak hanya memimpin produksi Layar Lebar Unggul, tetapi Bahkan memberi contoh bagi orang lain.

Jon Landau, kata Cameron, pantas dipuji lantaran sanggup memproduksi Layar Lebar-Layar Lebar itu dengan Tips yang hangat dan penuh kegembiraan.

Kepergian produser yang Sebelumnya berkolaborasi dengan James Cameron selama tiga dekade itu pun menjadi kehilangan besar bagi sang sutradara. Ia mengaku sebagian dari dirinya hancur terkoyak setelah mendengar kabar duka tersebut.

“Ia menghasilkan Layar Lebar-Layar Lebar Fantastis bukan dengan memakai kekuasaan, tetapi dengan kehangatan sekaligus kegembiraan dalam membuat Layar Lebar. Ia menginspirasi kami untuk Menyajikan yang Unggul setiap hari,” ujar James Cameron.

“Saya kehilangan seorang sahabat dan kolaborator terdekat saya selama 31 tahun. Sebagian dari diriku hancur terkoyak,” lanjutnya.

James Cameron dan Jon Landau bertemu pertama kali sekitar tiga dekade lalu. Jon Landau saat itu menjadi pengawas produksi Layar Lebar James Cameron berjudul True Lies (1994).

Mereka kemudian kembali bertemu setelah Landau keluar dari 20th Century Fox. Ia menerima skenario James Cameron tentang proyek rahasianya bernama Planet Ice.

Proyek itu kemudian diproduksi bersama Jon Landau dengan judul Titanic Sampai saat ini menjadi salah satu Layar Lebar Terpopuler sepanjang masa ketika tayang pada 1997. Titanic Bahkan berhasil mendapatkan Best Picture pada Piala Oscar 1995.

Sejak saat itu, Jon Landau dan James Cameron terus bekerja sama sebagai produser dan sutradara. Duet itu kembali menggebrak Hollywood saat menggarap Avatar (2009).

Mereka kemudian merilis sekuel Avatar berjudul Avatar: The Way of Water pada 2022. Dua Layar Lebar itu berhasil masuk empat besar Layar Lebar Terpopuler, menyusul jejak Titanic.

Sebelum wafat, Landau Bahkan masih terlibat dalam pengerjaan Layar Lebar Avatar berikutnya yang dijadwalkan tayang pada 2025.

[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA