Bisnis  

Usaha Ritel Topang Pertumbuhan Usaha Allianz Utama


Jakarta, CNN Indonesia

Seiring dengan menggeliatnya perekonomian dan meningkatnya daya beli masyarakat, industri asuransi umum menorehkan kinerja positif pada 2023. Hal ini didorong oleh meningkatnya kebutuhan Nanti akan asuransi, terutama untuk perjalanan Usaha dan wisata.

Sesuai ketentuan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum mencapai Rp103,8 triliun sepanjang 2023, atau tumbuh 15,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp90,1 triliun.

Kinerja positif industri ini Bahkan tercermin pada pencapaian PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama). Di mana Allianz Utama mencatatkan Gross Written Premium (GWP) sebesar Rp803,52 miliar, atau tumbuh 20,7% dibandingkan pada 2022.


Kepala Negara Direktur Allianz Utama Indonesia Sunadi mengatakan, pertumbuhan ini didorong tiga lini asuransi andalan. Pertama, asuransi properti yang Menyajikan kontribusi sebesar Rp251,41 miliar.

Kedua asuransi perjalanan sebesar Rp93,18 miliar, dan ketiga asuransi kendaraan bermotor sebesar Rp78,71 miliar. Hasil positif ini Bahkan diikuti dengan peningkatan laba sebesar Rp16,99 miliar, meningkat 274% dari tahun sebelumnya.

“Fokus Allianz Utama pada segmen ritel merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk terus memenuhi kebutuhan proteksi nasabah yang beragam,” kata Sunadi dikutip Senin (24/6).

Sunadi melanjutkan, berkat komitmen dan dengan dukungan seluruh karyawan dan mitra Usaha, Allianz Utama berhasil terus bertumbuh di 2023. Untuk itu, pihaknya Nanti akan senantiasa berinovasi dan Menyajikan solusi serta layanan yang Unggul bagi nasabah.

“Hal ini sejalan dengan tujuan kami untuk melindungi lebih banyak lagi masyarakat Indonesia,” kata Sunadi.

Lebih lanjut, Sunadi menyampaikan, Allianz Utama terus mengembangkan Usaha ritel di Indonesia dalam upayanya Menyajikan proteksi yang Ekonomis kepada masyarakat, dengan Mengoptimalkan penetrasi melalui kanal-kanal distribusi yang dimiliki.

Di mana dalam hal keagenan, Allianz Utama Sebelumnya Menyajikan AZNet, digital sales tool untuk para agen yang dapat diakses kapan pun, di mana pun mereka berada selama 7×24 jam, sehingga dapat lebih mudah Mendukung nasabah dalam mendapatkan perlindungan asuransi.

“Sampai sekarang akhir tahun 2023, Allianz Utama memiliki lebih dari 6.000 mitra Usaha yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Allianz Utama Bahkan memanfaatkan jalur distribusi affinity dengan mitra Berkualitas, seperti bekerja sama dengan lebih dari 100 travel agent, sebagai salah satu strategi untuk Menyajikan perlindungan yang lebih luas dengan premi asuransi yang Ekonomis.

Di sisi technical excellence, Allianz Utama Nanti akan tetap menjalankan Usaha secara selektif sesuai dengan prinsip kehati-hatian serta dengan mengacu kepada pedoman dan kebijakan Allianz Grup.

Allianz Utama Bahkan menghitung risiko dengan kecukupan premi yang ada, sehingga dapat melakukan kewajiban untuk membayar klaim. Pada 2023 Allianz Utama membayarkan klaim sebesar Rp171,01 miliar.

Allianz Utama Bahkan kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 448%, yang jauh di atas Syarat minimum yang ditetapkan regulator.

Sepanjang 2023 Allianz Utama melakukan serangkaian inovasi yang meliputi pengembangan produk asuransi perjalanan TravelPro untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan terbaru yang berlaku, dan peluncuran Claim Hub untuk asuransi perjalanan yang berfungsi sebagai layanan yang dapat Menyajikan proses klaim yang lebih Ekonomis dan efektif untuk nasabah.

Adapun Claim Hub Mendukung para mitra Usaha memonitor dan memandu nasabah dalam hal klaim. Sejak diluncurkan, para mitra Usaha Sebelumnya merasakan layanan yang lancar dan memudahkan proses klaim, khususnya untuk asuransi perjalanan.

“Kami tak henti melakukan peningkatan kualitas pada seluruh aspek, terutama pada area penunjang penjualan dan pelayanan nasabah,” ujarnya.

“Optimalisasi teknologi Sebelumnya terbukti menjadi Tips Unggul untuk menerapkan operasi secara paperless dan menyederhanakan proses operasional untuk kenyamanan nasabah dan mitra Usaha. Ditambah lagi dengan, kami Bahkan terus Mengoptimalkan perlindungan data nasabah sebagai bentuk komitmen kami menjaga kepercayaan nasabah kepada Allianz,” kata Sunadi.

Ditambah lagi dengan Allianz Utama Bahkan melakukan pengembangan 50 proses robotik baru dan yang dapat Mendukung efisiensi dan efektivitas berbagai transaksi operasional, serta menambahkan fitur perpanjangan otomatis untuk beberapa produk pada agent portal.

Dengan fitur ini, nasabah dan mitra Usaha dapat melakukan perpanjangan otomatis tanpa memerlukan konfirmasi ulang perpanjangan polis setiap tahunnya. Pengembangan dari sisi digital ini tentunya dapat memudahkan mitra Usaha dalam hal pemasaran dan nasabah dalam pembelian produk asuransi.

“Berbagai upaya ini dilakukan untuk memenuhi tujuan Allianz untuk mengasuransikan lebih banyak orang Indonesia dengan Tips mudah, Ekonomis, dan Terpercaya,” katanya.



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA