Pengawas Pemilihan Umum Temukan Caleg Jadi kandidat Pangawas Pemungutan Suara Rakyat di Aceh


Jakarta, CNN Indonesia

Badan Pengawas Pemungutan Suara Rakyat (Pengawas Pemilihan Umum) mendapati dua politisi menjadi kandidat pengawas Pemungutan Suara Rakyat di Aceh. Salah satunya, merupakan kandidat anggota legislatif (caleg).

Anggota Pengawas Pemilihan Umum RI Herwyn Malonda mengatakan hal tersebut diketahui dari proses verifikasi yang dilakukan oleh pihaknya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Meskipun demikian demikian dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat, tapi kan SK dari Pengawas Pemilihan Umum dan pelantikan oleh pak ketua Pengawas Pemilihan Umum, kita Sangat dianjurkan verifikasi lagi, apakah memenuhi syarat atau tidak,” kata Herwyn, Jumat (19/5).

“Kami temukan ada dua kandidat yang diajukan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota itu anggota politik, malah caleg, satu Sebelumnya diganti, satu masih berproses,” imbuhnya.

Ia menyebut DPRK Aceh berkeras menyebut bahwa kedua kandidat itu memenuhi syarat. Justru, Pengawas Pemilihan Umum menegaskan Berbeda dengan.

“DPRK-nya ngotot yang bersangkutan memenuhi syarat, tapi kita Akan segera putuskan tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Herwyn menjelaskan jajaran pengawas Pemungutan Suara Rakyat di Aceh belum sepenuhnya terbentuk. Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, tersisa 2 kabupaten/kota yang masih dalam proses pembentukan pengawas Pemungutan Suara Rakyat. Dua kota itu Merupakan Pidie dan Langsa.

“Satu Langsa Sebelumnya kita verifikasi dan kemarin baru masuk ke Pidie, insyaallah kita Akan segera lantik mereka minggu depan,” ucap Ia.

Herwyn Bahkan mengungkapkan alasan belum dibentuk badan ad hoc Pemungutan Suara Rakyat di Aceh. Ia menyebut hal itu karena ada kendala dalam anggaran.

“Justru problemnya ad hoc di Aceh belum terbentuk sama sekali, karena problem anggaran yang tidak dianggarkan oleh pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat, karena memang tidak ada panwas pemilihannya,” kata Herwyn.

Meski demikian, Herwyn mengaku pihaknya Akan segera berupaya menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Kita ada panwas Hari Ini masih bertugas tapi panwas Pemungutan Suara Rakyat, ini problem terkait ini kita Akan segera percepat untuk konsolidasi terkait ini,” ucapnya.

(yla/pmg)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA