5 Manfaat Tak Terduga Makan Pakcoy dan Efek Sampingnya

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Pakcoy Bisa jadi jadi salah satu sayuran yang sering Anda konsumsi. Tapi, tahukah Anda beragam manfaat makan pakcoy dan efek sampingnya?

Secara ilmiah, pakcoy dikenal dengan nama Brassica rapa. Sayuran berwarna hijau tua ini berasal dari China.

Sebagai bagian dari keluarga Brassica, sayuran ini sangat mirip dengan sayuran silang lainnya seperti brokoli dan kubis.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meski banyak dikonsumsi di wilayah Asia, Sekalipun sayuran ini kian populer di berbagai penjuru dunia berkat khasiatnya.

Ditambah lagi dengan tekstur pakcoy yang renyah dan kemampuannya dalam menyerap rasa. Karakter ini membuat pakcoy kerap jadi bahan utama banyak hidangan.

Nutrisi pakcoy

Pakcoy Merupakan sayuran rendah kalori dan padat nutrisi. Warna hijaunya yang cantik membuat kandungan nutrisi di dalamnya sangat kaya.

Mengutip Health, dalam setiap 70 gram pakcoy mengandung nutrisi berikut:

– 9 kalori
– 0,14 gram (g) lemak
– 1,1 g protein
– 1,5 g karbohidrat
– 0,7 g serat
– 156 microgram (mcg) vitamin A
– 31,5 miligram (mg) vitamin C
– 31,8 mcg vitamin K

Rendahnya kalori membuat konsumsi pakcoy jadi salah satu Tips efisien untuk Memanfaatkan asupan vitamin C dan K tanpa mengganggu asupan makronutrien.

Manfaat makan pakcoy




Ilustrasi. Ada beberapa manfaat makan pakcoy yang jarang diketahui. (iStockphoto/Amar Kosim)

Ada beberapa manfaat makan pakcoy yang Harus diketahui. Berikut di antaranya.

1. Memanfaatkan kesehatan tulang

Banyak mineral ditemukan dalam pakcoy. Termasuk di antaranya kalsium, fosfor, vitamin K, dan zinc. Kesemuanya diketahui dapat Membantu menjaga kesehatan tulang.

Utamanya, pakcoy Bahkan kaya Nanti akan kalsium. Sayuran satu ini Menyediakan bentuk kalsium yang sangat mudah diserap.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sayuran berdaun hijau ini mengandung kalium, magnesium, dan kalsium. Kesemuanya merupakan mineral yang berperan dalam mengatur tekanan darah.

Beberapa penelitian menemukan, konsumsi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan insiden penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Pakcoy Bahkan mengandung vitamin C. Vitamin satu ini Bahkan dikaitkan dengan rendahnya angka kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Pakcoy merupakan salah satu sayuran rendah kalori. Dengan begini, artinya pakcoy jadi salah satu sayuran Unggul untuk diet.

Ditambah lagi dengan, kandungan serat dan air di dalam pakcoy Bahkan bisa sangat mengenyangkan buat tubuh. Hal ini dapat Membantu menekan rasa lapar setelahnya.

4. Menekan risiko kanker

Seperti sayuran silang lainnya, pakcoy Bahkan bersifat anti-kanker. Sebagian besar efek kemopreventifnya diduga muncul berkat kandungan glukosinolat yang ada di dalamnya.

Penelitian menunjukkan bahwa glukosinolat dan produk pemecahannya bekerja Merujuk pada mekanisme antiperadangan dan antioksidan.

5. Menjaga kesehatan tiroid

Selenium dalam pakcoy bermanfaat untuk menjaga kelenjar tiroid tetap berfungsi dengan baik. Kelenjar ini terletak di pangkal depan leher dan berperan penting dalam proses metabolisme.

Mengutip Healthline, sebuah penelitian menemukan, rendahnya kadar selenium dalam aliran darah terkait dengan kondisi tiroid.

Efek samping makan pakcoy




pakcoyIlustrasi. Ketahui Bahkan beberapa efek samping makan pakcoy. (iStockphoto)

Meski banyak manfaat yang ditawarkan, tapi makan pakcoy Bahkan bisa memicu Sebanyaknya efek samping. Berikut beberapa efek samping makan pakcoy.

1. Menghambat fungsi tiroid

Dalam bentuk mentah dan belum dimasak, pakcoy mengandung enzim yang disebut mirosinase. Enzim ini berfungsi untuk memecah glukosinalat yang terkandung dalam sayuran ini.

Sayangnya, beberapa produk pemecahan glukosinolat dapat menghambar tubuh menyerap yodium yang berperan penting dalam menjaga fungsi tiroid.

Sekalipun demikian, Harus dicatat bahwa efek samping makan pakcoy ini hanya ditemukan Seandainya dikonsumsi dalam bentuk mentah.

Lagi pula, memasak pakcoy dapat menonaktifkan enzim mirosinase. Dengan begitu, penghambatan tiroid akibat enzim ini tak Nanti akan berlaku Seandainya pakcoy Pernah dimasak.

2. Mengganggu efektivitas Medis pengencer darah

Ditambah lagi dengan, pakcoy Bahkan merupakan sumber vitamin K yang kaya. Orang yang rutin mengonsumsi Medis pengencer darah disarankan untuk berhati-hati dalam mengonsumsi pakcoy.

Pasalnya, perubahan signifikan dalam asupan vitamin K dapat mengganggu efektivitas Medis-obatan tersebut. Vitamin K sendiri diketahui berperan dalam proses pembekuan darah.

Demikian beberapa manfaat dan efek samping makan pakcoy.

(asr/asr)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA