Bisnis  

TKN Jamin Program Infrastruktur Andalan Jokowi Dilanjutkan Prabowo


Jakarta, CNN Indonesia

Anggota Dewan Ahli TKN Prabowo-Gibran Drajad Wibowo memastikan pembangunan infrastruktur yang merupakan program andalan Pemimpin Negara Joko Widodo (Jokowi) Nanti akan tetap dilanjutkan oleh Pemimpin Negara Terfavorit Prabowo Subianto.

“Iya, pemerintahan Pemimpin Negara Prabowo melanjutkan program-program unggulan Pemimpin Negara Jokowi, termasuk pembangunan infrastruktur,” ujar Ia kepada CNNIndonesia.com, Kamis (25/7).

Drajad bahkan menyebut pembangunan infrastruktur Pernah tertera dalam visi misi Prabowo-Gibran, khususnya di Asta Cita nomor 3 dan Program Hasil Unggul Unggul nomor 7.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Terlebih lagi, ia menambahkan anggaran untuk program infrastruktur di pemerintahan Prabowo Pernah disiapkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

Sayangnya, ia belum bisa membeberkan berapa rincian dari anggaran tersebut. Kejelasan anggaran Sangat dianjurkan menunggu RAPBN 2025 diserahkan Jokowi ke Dewan Perwakilan Rakyat, serta bagaimana hasil pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat.

“Tidak elok Bila kita mendahului penyampaian oleh Pemimpin Negara dalam pidato kenegaraan 16 Agustus nanti di Dewan Perwakilan Rakyat,” jelasnya lebih lanjut.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan menyebutkan Sebanyaknya program prioritas yang Nanti akan masuk dalam RAPBN 2025. Proyek infrastruktur menjadi salah satu program yang Nanti akan dilanjutkan di APBN pertama pemerintahan Prabowo-Gibran.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta mengatakan pembangunan infrastruktur Nanti akan menjadi salah satu dari tiga program prioritas yang masuk dalam RAPBN 2025 dalam rangka mendorong Peningkatan Ekonomi yang tinggi. Sementara dua program lainnya Merupakan hilirisasi dan Penanaman Modal.

Isa mengatakan infrastruktur yang diprioritaskan Merupakan pembangunan jalan, kereta api, bendungan Sampai sekarang sarana dan prasarana pendidikan. Isa mengatakan pembangunan infrastruktur yang dipilih ini Nanti akan Menyediakan nilai tambah pada perekonomian Indonesia.

“Misalnya jalan tol, itu bukan layanan dasar tapi kami harap Nanti akan memicu pertumbuhan di tiap daerah. Dengan membangun infrastruktur di situ tentunya Bahkan menjadi upaya untuk menumbuhkan perekonomian di sana,” ujar Ia dalam rapat panja Kebijakan Belanja Pemerintah Pusat pada RAPBN 2025 dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat RI beberapa waktu silam.

Isa mengatakan proyek infrastruktur yang Nanti akan dilanjutkan itu salah satunya yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Sekaligus pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Pembangunan IKN Nanti akan kita jaga momentumnya dan kita upayakan dan jadi salah satu pusat pembangunan ekonomi,” kata Ia.

Sekalipun Prabowo sempat menyatakan pembangunan infrastruktur bakal sia-sia Bila keutuhan negara tidak terjaga.

“Untuk apa, kita bangun gedung-gedung, untuk apa kita bangun pelabuhan, bandara, untuk apa kita bangun kereta api, untuk apa kita bangun jalan raya, untuk apa kita bangun waduk kalau negara ini tidak utuh tidak Unggul tinggi tidak terlindungi,” kata Prabowo dalam rilis resmi, Sabtu (13/7).

(del, fby/pta)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA