Rapat di Makkah, Ada Yaqut


Jakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bercerita awal muka tercetusnya pembentukan panitia khusus atau Pansus Haji berawal dari rapat yang digelar di Makkah, Arab Saudi.

Hal ini ia sampaikan merespons pernyataan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang menilai semestinya Pansus Haji bisa diselesaikan secara internal PKB.

Ia mengatakan rapat itu turut dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari berbagai fraksi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertama kali memutuskan perlunya Pansus Haji itu dalam rapat di Makkah oleh semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari berbagai Fraksi, yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Golkar; Pak Lodewijk, dan dihadiri oleh Yaqut Bahkan sebagai Menteri Agama,” cuit Cak Imin dalam akun media sosial X pribadinya @CakiminNow, Kamis (8/8).

Cak Imin lantas meminta Gus Ipul untuk belajar konstitusi negara kembali.

“Belajarlah dikit konstitusi,” kata Ia.

Gus Ipul sebelumnya sempat mengomentari ihwal pembentukan Pansus Haji di Dewan Perwakilan Rakyat. Baginya, persoalan ini sebetulnya bisa diselesaikan secara internal PKB.

Gus Ipul menilai Yaqut Sampai Pada Saat ini Bahkan masih berstatus sebagai pengurus DPP PKB. Menurutnya, Cak Imin bisa memanggil Yaqut untuk dimintai penjelasan. Oleh karena itu, Pernah terjadi sepatutnya urusan ini diselesaikan oleh PKB secara internal.

“Loh iya [internal PKB]. Kalau itu masalah Pansus Haji kan ini bisa diselesaikan dulu. Kan tinggal dipanggil [Yaqut] oleh Pak Muhaimin,” kata Gus Ipul di kantor PBNU, Jakarta, Rabu (7/8).

“Gus Yaqut kan tinggal dipanggil aja. Itu kan menterinya Ia. Masa ketua umumnya sama ketuanya gegeran sendiri,” tambahnya.

Gus Ipul lantas mengklaim pembentukan tim PBNU untuk mengkaji hubungan PKB dan NU belakangan ini tidak ada korelasi dengan pembentukan pansus Haji.

Dewan Perwakilan Rakyat Pernah membentuk pansus untuk mendalami pelaksanaan Haji 2024 yang dinilai banyak diwarnai kejanggalan dalam pelayanannya.

Pansus Pernah diresmikan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat yang dipimpin Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat sekaligus Ketua Umum PKB Cak Imin.

(rzr/DAL)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA