Pindad Maung Dipakai untuk Membawa Bendera Pusaka


Jakarta, CNN Indonesia

Jip besutan Perindustrian TNI Angkatan Darat (Pindad), Maung digunakan gladi bersih oleh tim Paskibraka, untuk membawa duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi.

Prosesi kirab nantinya Akan segera berlangsung dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta Ke arah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kaltim, Sabtu (10/8).

Gladi kirab bendera pusaka yang diadakan kemarin, dimulai dari Monas, melewati Patung Arjuna Wijaya (patung kuda) di Jalan Medan Merdeka Barat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian, berlanjut ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jalan Thamrin Sampai saat ini Jalan Jenderal Sudirman ke Jalan Gatot Subroto lalu Ke arah Bandara Halim Perdana Kusuma.

Nantinya, dari Bandara Halim, bendera pusaka dan naskah proklamasi diterbangkan Ke arah Balikpapan, Kaltim, untuk selanjutnya dibawa Ke arah kawasan IKN di Penajam Paser Utara.

Dikutip dari Antara, bendera pusaka dan naskah proklamasi itu dibawa oleh dua wanita dari tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2023.

Terlihat tim Paskibraka itu menunggangi Pindad Maung berwarna hitam, dikendarai oleh seorang Polisi Militer berbaret biru.

Kendaraan taktis buatan Pindad ini pertama kali hadir pada 2020. Maung 4×4 merupakan buatan anak bangsa dengan memakai mesin Toyota Hilux.

Pindad Maung mengandalkan mesin turbo diesel 2.494 cc 2GD-FTV yang belakangan disuplai Toyota. Mesin ini Bahkan disematkan pada pikap Hilux.

Selain membawa 4 anggota militer, kendaraan ini mampu mengangkut persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, dan dilengkapi perangkat GPS navigasi, serta tracker kendaraan.

Panjang Maung Disebut juga 4,8 meter, lebarnya 2 meter, tinggi 1,8 meter sertawheelbase2,8 meter. Ground clearance jip ini mencapai 30 cm.

Kecepatan maksimal yang bisa didapat yaitu 120 kilometer per jam dan dapat digunakan Sampai saat ini 800 kilometer.

Menteri Lini belakang Prabowo Subianto langsung memesan Maung sebanyak 600 unit untuk kebutuhan di kementeriannya.

Prabowo Bahkan menggunakan rantis Maung ini untuk mendaftarkan diri menjadi kandidat Pemimpin Negara ke Komisi Pemilihan Umum (Penyelenggara Pencoblosan Suara). Ia ditemani cawapres, Gibran Rakabuming Raka pada Oktober 2023.

[Gambas:Video CNN]

(can/mik)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA