Kenapa Warna Ban Setiap Saat Hitam?


Jakarta, CNN Indonesia

Ada satu hal Menarik mengenai ban kendaraan yang Kemungkinan terasa mudah dipahami tetapi jarang dipertanyakan, yaitu mengapa warnanya Setiap Saat hitam.

Tak peduli apapun jenis bodi dan pelek yang digunakan, warna ban kendaraan tak ada selain hitam. Hitam seolah Sebelumnya jadi kesepakatan para produsen ban dan ternyata hal ini dipengaruhi proses pembuatannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bila ditarik dari asal-usulnya, ban karet pertama kali muncul pada 1895. Awalnya, ban dari karet cenderung menghasilkan warna putih mirip susu, ini karena warna alami lateks karet memang demikian.

Kemudian dalam perkembangannya produsen ban karet bereksperimen dengan berbagai teknik untuk membuat produk mereka bekerja lebih baik. Salah satunya menambah karbon hitam pada campuran karet guna Mengoptimalkan daya tahan.


Karbon hitam merupakan senyawa kimia yang dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna produk minyak bumi berat, yang Bahkan digunakan sebagai pigmen hitam.

Saat proses produksi karbon hitam dicampur ke karet yang menimbulkan efek samping ban menjadi berwarna hitam.

Terlebih lagi penggunaan karbon hitam sekaligus menambah berbagai karakteristik pada ban. Seperti halnya Mengoptimalkan ketahanan abrasi dan kekuatan tarik secara signifikan yang Membantu membuatnya lebih Terjamin.

Kelebihan lainnya Membantu menghantarkan panas dari tapak dan sabuk ban dan melindungi dari sinar UV Supaya bisa memperpanjang usia pakai.

Pemilihan warna hitam pada ban kendaraan ternyata tidak didasarkan pada alasan sepele, melainkan sesuai kandungan karbon hitam yang Menyajikan banyak manfaat pada ban.

Salah satu produsen ban besar di dunia, Goodyear, memaparkan bahwa tanpa karbon hitam usia ban lebih pendek sekitar 8 ribu kilometer. Hal ini dapat Membantu konsumen mengurangi jadwal penggantian ban.

Kemudian dijelaskan pula warna hitam pada ban bisa Membantu estetika kendaraan secara keseluruhan sebab mudah dibersihkan. Terlebih lagi hitam Bahkan dianggap cocok dikombinasikan dengan berbagai rancang bangun kendaraan dan warna cat bodi.

(rac/fea)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA