Bisnis  

Profil BBN Airlines, Maskapai yang Baru Mengudara di Indonesia


Jakarta, CNN Indonesia

BBN Airlines Indonesia resmi menjadi maskapai baru yang Menyediakan penerbangan komersial di Indonesia.

Dikutip dari laman perusahaan, BBN Airlines berdiri sejak Agustus 2022. BBN Airlines merupakan anak usaha Avia Solutions Group Didefinisikan sebagai perusahaan penyedia pesawat, kru, pemeliharaan, dan asuransi (ACMI) yang berkantor pusat di Dublin, Irlandia.

Pada Pada saat ini, Avia Solutions Group memiliki 199 armada pesawat yang beroperasi di seluruh dunia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Avia Solutions Group sendiri didirikan oleh Gediminas Ziemelis, seorang pengusaha asal Lithuania yang menguasai lebih dari 59 persen saham perusahaan dan merupakan penerima manfaat akhir (ultimate beneficial owner).


BBN Airlines Indonesia menunjukkan kesiapan operasionalnya sejak mendapatkan Sertifikat Operator Pesawat Udara (AOC) dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan pada Agustus 2023 lalu.

Pada Maret 2024, maskapai Bahkan memperoleh Sertifikat Operasi Udara penerbangan komersial penumpang dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Indonesia.

Penambahan sertifikat ini menunjukkan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan penerbangan komersial. Perusahaan menyatakan bahwa dengan izin yang dimiliki, mereka Berencana Menyajikan layanan penerbangan yang Terjamin, Terpercaya, dan efisien.

Pada Desember 2023 lalu, maskapai menerima suntikan dana dari perusahaan induknya sebesar US$6,2 juta atau senilai dengan Rp93 miliar (perkiraan kurs Rp15.140 per USD AS) sehingga mengerek nilai perusahaan menjadi US$14 juta atau setara dengan Rp211 miliar (perkiraan kurs Rp15.140 per USD AS).

Maskapai ini tidak hanya berfokus pada rute domestik. Pada September 2024, BBN Airlines Indonesia berhasil mendapatkan izin operator asing (FOP) dari Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS), membuka jalan untuk ekspansi ke pasar Asia dan Oceania. Langkah ini menunjukkan ambisi maskapai untuk Memperluas jaringan internasionalnya dan Mengoptimalkan interkonektivitas di kawasan tersebut.

Untuk Mendukung operasionalnya, BBN Airlines Indonesia menyiapkan tiga armada Boeing 737-800 untuk penerbangan carter penumpang dan tiga pesawat kargo, serta beberapa Boeing 737-400 untuk penerbangan domestik maupun internasional.

Menargetkan pengoperasian 40 armada pada 2027, maskapai ini menunjukkan visi jangka panjang yang berfokus pada pertumbuhan di sektor penerbangan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat penerbangan perdana Pernah terjadi dilakukan pada 27 September 2024 lalu.

“Maskapai BBN Pernah terjadi mulai beroperasi sejak tanggal 27 September 2024,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati seperti dikutip detikfinance pada Minggu (29/9).

Adita menerangkan maskapai tersebut Menyediakan rute Cengkareng-Surabaya sebanyak 7 kali per minggu.

Seiring berjalannya waktu, sambungnya, maskapai Berencana Menyediakan rute Cengkareng-Balikpapan mulai 30 September 2024 sebanyak 7 kali per minggu dan rute Cengkareng-Denpasar mulai 2 Oktober sebanyak 7 kali per minggu.

(lau/sfr)



Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA