Viral Dikenakan Tarif Tol Rp789 ribu, Padahal Cuma ‘Melipir’ Isi Saldo


Jakarta, CNN Indonesia

Video viral di jagat maya seorang pengemudi roda empat Dianjurkan membayar tarif tol Sampai saat ini Rp789 ribu saat hendak masuk ke gerbang jalan tol Cisumdawu Utama, sementara sopir merasakan tidak melakukan perjalanan sejauh itu.

Cuplikan video yang berdurasi 40 detik itu diambil dari dalam kabin. Terlihat seorang pengemudi tengah menelepon call center jalan tol untuk meminta penjelasan mobilnya kena tarif tol terjauh.

Insiden ini diawali saat sang sopir mengaku tak berhasil tapping di pintu tol karena saldo tidak cukup. Kemudian ia mundur dari pintu tol tersebut dan “melipir” untuk mengisi saldo uang elektronik.

Barusan kan ngetap di Cisumdawu Utama, tapi kartu saya tidak cukup saldonya. Saya mundur dulu untuk isi dulu saldo di mobile banking saya,” kata Ia dalam video.

Sekalipun, usai uang elektronik terisi pada kartu, pintu tol yang sebelumnya ia transaksi Pernah terisi Kendaraan Pribadi lain. Lantas ia berpindah ke pintu tol di sebelahnya.

Tapi sial, mesin pencatat di pintu tol menampilkan tarif Rp789 ribu.

“Saya pindah ke pintu tol yang lain, ditap masih tetap saldo tidak cukup, keluarlah tagihan Rp789 ribu,” tururnya.

Nilai Rp789 ribu itu terlihat seperti nominal tagihan untuk 2 kali tarif tol terjauh. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol Pasal 86, mengatur denda pada saat pengemudi melakukan transaksi di pintu tol yang sama.

Hal ini Bahkan sempat terjadi dan viral saat seorang pengendara pada 2023 viral di media sosial karena Dianjurkan membayar tarif tol Sampai saat ini Rp724 ribu di Gerbang Tol Cikampek Utama 4.

Setelah dilakukan penelusuran oleh PT Jasamarga Transjawa, pengendara itu diduga melakukan putar balik di salah satu jalan tol.

PT Jasamarga Transjawa dalam keterangan resminya menjelaskan tarif yang dikenakan tersebut Pernah sesuai aturan yang berlaku. Pasalnya, pengendara itu diduga Sudah menyalahi aturan penggunaan jalan Tol Cikampek saat Ke arah GT Cikampek Utama 2.

Sopir tersebut di gerbang tol Cisumdawu Utama terdeteksi masuk di tol saat saldo di kartu tak cukup, Sekalipun sang sopir melakukan tapping kembali saat kartu Pernah terisi sehingga dianggap masuk dua kali di pintu tol yang sama.

[Gambas:Video CNN]


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA